Wednesday, April 3, 2013

7 Dewa Perang Di Dunia

          Mitologi adalah sekumpulan mitos dan legenda yang berasal dari seluruh dunia dan berisi kisah-kisah mengenai dewa dan pahlawan, sifat dunia, dan asal usul serta makna dari praktik ritual dan kultus orang Kuno. Mitologi merupakan bagian dari agama. Para sejarawan modern mempelajari mitologi untuk mengetahui keadaan politik, agama, dan peradaban, serta untuk memperoleh pemahaman mengenai pembentukan mitos itu sendiri.

           Kebanyakan dewa digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun, bisa tak terlihat, dan tiap dewa mempunyai karakteristik tersendiri. Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya, yang mungkin lebih dari satu. Dewa-dewi ini kadang-kadang membantu manusia, dan bahkan menjalin hubungan cinta dengan manusia yang menghasilkan anak, yang merupakan setengah manusia setengah dewa. Anak-anak itulah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.


Berikut adalah beberapa dewa perang yang cukup terkenal di dunia:


1. Ares


Ares merupakan dewa perang pada mitologi Yunani. Dalam mitologi Romawi ia dikenal dengan nama dewa Mars. Ia memiliki 2 pengawal yaitu Phobos dan Deimos. Nama Mars menjadi salah satu planet yang dekat bumi dan memiliki 2 bulan, yang dinamai sesuai nama pengawalnya: Phobos dan Deimos. Nama bulan Maret merupakan persembahan baginya.


2. Lucifer
Lucifer adalah dewa perang,dia telah memenangkan perang selama 100x pertempuran,dia sangat di hormati karena dia lahir dari inti cahaya matahari.suatu hari dia mengkhianati TUHAN karena ingin sama seperti TUHAN.
pada akhirnya dia tetap ga bisa menang lawan kebesaran TUHAN dan dijatuhkan dari surga n menjadi iblis yg merupakan musuh utama dari TUHAN. Lucifer adalah iblis yang rupawan dan ahli musik, termasuk dansa.

3. Thor
Dewa perang atau nama lainnya Thor. Merupakan gambaran dewa dengan senjata palu dan mengenakan sayap burung pada bagian kepalanya.

4. Tyr
Dewa perang bangsa Nordik, penguasa hari selasa (Tuesday berasal dr kata Tyr’s day)


5. Huitzilopochtli

Huitzilopochtli adalah dewa nasional Aztek dan dia adalah Dewa Perang dan Dewa Matahari. Dia menuntut darah manusia. Di hari2 perayaan ibadah, korban2 dirobek dadanya dan direnggut jantungnya untuk dipersembahkan kepada sang Matahari (Huitzilopochtli) dan lalu dilemparkan ke dalam api. Tubuh korban lalu dilempar ke tangga kuil dan bergulir ke bawah, lalu dipotong-potong dan dimakan. Kulitnya digunakan sebagai baju perayaan agama.

6. Odin
Dalam Mitologi Nordik, Odin adalah pemimpin para Dewa. Namanya konon berasal dari kata “óðr” (baca: Odhr), yang berarti “perangsang”, “kemarahan”, dan “puisi”. Sebagai pemimpin para Dewa, ia memiliki banyak peran: Dewa kebijaksanaan, Dewa perang, Dewa pertempuran, dan Dewa kematian.

7. Guan Yu
Guan Yu adalah dewa perang dari cerita romance of three kingdom. ksatria gagah berani yg namanya diabadikan sebagai simbol keberanian dan kemenangan. sampai2 golok nya pun menjadi legenda dan simbol keperkasaaan. seorang jenderal terkenal dari Zaman Tiga Negara. Guan Yu dikenal juga sebagai Kwan Kong, Guan Gong, atau Kwan Ie, dilahirkan di kabupaten Jie, wilayah Hedong. ia bernama lengkap Guan Yunchang atau Kwan Yintiang. Guan Yu merupakan jenderal utama Negara Shu Han. Guan Yu itu juga sering disebut Dewa Perang, meskipun memang pada kenyataanya dia adalah seorang Jendral Perang.

No comments:

Post a Comment