Wednesday, April 3, 2013

Bioinformatika dalam Bidang Perikanan

http://www.volarefm.com/wp-content/uploads/2010/12/1perikanan.jpg
             Bioinformatika adalah terapan dari ilmu teknologi informasi yang mengembangkan cabang ilmu biologi sebagai dasar ilmu yang dikaji dan terus diteliti demi kesejahteraan umat manusia. Bioinformatika di bidang perikanan adalalah segala bentuk informasi dan segala bentuk teknologi yang mendukung kegiatan dalam bidang perikanan: seperti perekayasaan genetika, penerapan teknologi tepatguna, modifikasi pakan bagi kultivan yang dipelihara . Bioinformatika sangat penting peranananya bagi dunia perikanan karena dengan adannya bioinformatika akan menguntungkan para pelaku bisnis yang terjun dalam bidang perikanan maupun kegiatan pendidikan yang mengkhususkan diri dalam bidang perikakan.

              Suatu badan pemerintah yang berperan dalam mensosialisaikan dan menerapka bioinformatika pada masyarakat adalah Lembaga Ilmu Pengetahiuan Indonesia (LIPI). Lembaga ilmu pengetahuan Indonesia juga memiliki tugas yang berkaitan dengan konservasi lingkungan hidup, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia berwenang untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah RI tentang penetapan daftar klasifikasi, kuota penangkapan dan perdagangan termasuk ekspor, re-ekspor, impor, introduksi dari laut, semua spesimen tumbuhan dan satwa liar; memonitor izin perdagangan dan realisasi perdagangan, serta memberikan rekomendasi kepada pemerintah tentang pembatasan pemberian izin perdagangan tumbuhan dan satwa liar berdasarkan evaluasi secara biologis; dan bertindak sebagai pihak yang independen memberikan rekomendasi terhadap konvensi internasional di bidang konservasi tumbuhan dan satwa liar.

             Bioinformatika sangat berperan penting dalam kemajuan dunia perikanan di indonesia karena dengan bioinformatika, masyarakat bisa langsung mendapatkan perkembangan informasi yang berkaitan dengan dunia perikanan dan langsung bisa menerapkan teknologi tersebut di dunia nyata. Contoh yang dapat kita ambil adalah rekayasa genetika pada berbagai jenis ikan untuk menghasilkan suatu jenis ikan ataupun kultivan yang memiliki sifat-sifat unggul, Penelitian berbagai sumber pakan alami yang bermanfaat bagi pertumbuhan kultivan, Melakukan penelitian teknologi tepatguna yang sesuai dengan kondisi agroklimat.

Sumber:http://csbioinformatika.blogspot.com/2012/10/bioinformatika-dalam-bidang-perikanan.html

Komentar :
          Menurut saya perkembangan teknologi dewasa ini sangat banyak manfaatnya bagi semua aspek-aspek dalam kehidupan. Contohnya, pada bidang perikanan seperti pada artikel diatas, masyarakat bisa langsung mendapatkan perkembangan informasi yg berkaitan dengan bidang perikanan dan dapat menerapkan langsung pada dunia nyata. Pembudidayaan ikan-ikan tertentu juga dapat dimaksimalkan agar tidak ada kepunahan dari suatu spesies yang sudah terancam punah. 

No comments:

Post a Comment